Tahun
2013 merupakan tahun pemanasan politik di Indonesia karena tahun 2014
akan digelar hajatan Pemilihan Umum (Pemilu). Demokrasi pun masih
dianggap kompatibel diterapkan di Indonesia. Padahal mayoritas
penduduknya adalah umat Islam.
Umat masih silau dengan janji demokrasi berupa keadilan dan kesejahteraan. Sebaliknya, mereka takut dicap anti-demokrasi.
Terdapat juga di kalangan umat yang menyamakan Islam dengan
demokrasi. Bahkan ada yang memaksakan Demokrasi-Islam sebagai tambal
sulam dari Demokrasi-Kapitalisme yang gagal.
Apa itu Demokrasi
Demokrasi adalah (bentuk atau sistem) pemerintahan yang seluruh
rakyatnya turut serta memerintah dengan perantaraan wakilnya;
pemerintahan rakyat (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Dalam
demokrasi kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat. Pemerintahan
dijalankan langsung oleh mereka atau oleh wakil-wakil yang mereka pilih
di bawah setiap pemilihan bebas. Sebagaimana ucapan Abraham Lincoln
bahwa demokrasi adalah suatu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan
untuk rakyat.
Dalam setting sosio-historisnya di Barat, demokrasi lahir
sebagai solusi dari dominasi gereja yang otoritarian dan absolut
sepanjang Abad Pertengahan (abad V-XV M). Di satu sisi ekstrem, dominasi
gereja yang berkolaborasi dengan para raja Eropa menghendaki tunduknya
seluruh urusan kehidupan (politik, ekonomi, seni, sosial, dll) pada
aturan-aturan gereja. Di sisi ekstrem lainnya, dominasi gereja ini
ditentang oleh para filosof dan pemikir yang menolak secara mutlak peran
gereja (Katolik) dalam kehidupan.
Terjadinya Reformasi Gereja, Renaissance dan Humanisme, menjadi titik
tolak awal untuk meruntuhkan dominasi gereja itu. Akhirnya, pasca
Revolusi Prancis tahun 1789, terwujudlah jalan tengah dari dua sisi
ekstrem itu, yang terumuskan dalam paham sekularisme, yakni paham
pemisahan agama dari kehidupan. Agama tidak diingkari secara total,
tetapi masih diakui walaupun secara terbatas, yaitu hanya mengatur
hubungan manusia dengan Tuhan. Lalu hubungan manusia dengan manusia
siapakah yang mengatur dan membuat hukumnya? Jawabannya, tentu manusia
itu sendiri, bukan Tuhan atau agama. Pada titik inilah demokrasi lahir.
Walhasil, demokrasi memberikan kepada manusia dua hal:
- Hak membuat hukum (legislasi). Inilah prinsip kedaulatan rakyat (as-siyadah li al-syar’i). Prinsip ini kebalikan dari kondisi sebelumnya, yaitu hukum dibuat oleh para tokoh-tokoh gereja atas nama Tuhan.
- Hak memilih penguasa. Inilah prinsip kekuasaan rakyat (as-sulthan li al-ummah). Prinsip ini kebalikan dari kondisi sebelumnya, yaitu penguasa (raja) diangkat oleh Tuhan sebagai wakil Tuhan di muka bumi dalam sistem monarki absolut. Jadi, dalam demokrasi, rakyat adalah sumber legislasi dan sumber kekuasaan (source of legislation and authority).
Demokrasi sesungguhnya adalah seperangkat gagasan dan prinsip tentang
kebebasan. Demokrasi juga mencakup seperangkat praktik dan prosedur
yang terbentuk melalui sejarah panjang dan sering berliku-liku.
Pendeknya, demokrasi adalah pelembagaan dari kebebasan. Maka dari itu,
munculah kebebasan di segala aspek kehidupan.
Sistem demokrasi
melahirkan beberapa poin yang akhirnya menjadi sokoguru demokrasi:
(a)
kedaulatan rakyat; (b) pemerintah berdasarkan persetujuan dari yang
diperintah; (c) kekuasaan mayoritas; (d) hak-hak minoritas; (e) jaminan
HAM; (f) pemilihan yang bebas dan jujur; (g) persamaan di depan hukum;
(h) proses hukum yang wajar; (i) pembatasan pemerintahan secara
konstitusional; (j) pluralisme sosial, ekonomi dan politik; (k)
nilai-nilai toleransi, pragmatisme, kerja sama dan mufakat.
Demokrasi vs Islam
Jelaslah, demokrasi merupakan ideologi buatan manusia. Akidahnya
memisahkan agama dari kehidupan (sekular), kontradiksi dengan akidah
Islam. Sistemnya juga menyalahi sistem Islam karena tidak bersandar
pada wahyu Allah SWT. Demokrasi hanya bersandar pada rakyat. Keburukan
yang menonjol dari demokrasi adalah suara mayoritas dalam menentukan
kebenaran. Jelas sekali demokrasi bertentangan dengan Islam (Lihat: QS
al-An’am [6]: 116).
Islam mengharamkan demokrasi karena tiga alasan.
Pertama:
perekayasa ide demokrasi adalah negara-negara kafir Barat. Hal ini
merupakan agresi ke Dunia Islam. Siapapun yang menerima dan mendorong
demokrasi merupakan antek penjajah dan kroni penjajah serta menjadi
penguasa boneka Barat.
Kedua: demokrasi merupakan pemikiran
utopis, tidak layak diimplementasikan. Manakala suatu negara menerapkan
demokrasi, mereka sering melakukan kebohongan, manipulasi dan rekayasa
sehingga menyesatkan umat manusia, seperti dalam penyusunan hukum dan
undang-undang. Ketiga: sistem demokrasi adalah sistem buatan
manusia. Sistem tersebut disusun manusia untuk manusia. Pasalnya,
manusia tidak bisa lepas dari kesalahan. Sesungguhnya hanya Allah yang
terbebas dari kesalahan. Karena itu, hanya sistem dari Allah saja yang
patut dianut. Dengan demikian demokrasi merupakan sistem kufur karena
tidak bersumber dari syariah Islam.
Dalam kitab Mafahim Siyasiyah li Hizb at-Tahrir (2005)
dijelaskan, demokrasi itu kufur bukan karena konsepnya bahwa rakyat
menjadi sumber kekuasaan, melainkan karena konsepnya bahwa manusia
berhak membuat hukum (kedaulatan di tangan rakyat). Kekufuran demokrasi
dari segi konsep kedaulatan tersebut sangat jelas. Sebab, menurut
‘Aqidah Islam, yang berhak membuat hukum hanya Allah SWT, bukan manusia
(QS al-An’am [6]: 57). Itulah titik kritis dalam demokrasi yang sungguh
bertentangan secara frontal dengan Islam. Memberi hak kepada manusia
untuk membuat hukum adalah suatu kekufuran (QS al-Ma’idah [5]: 44).
Abdul Qadim Zallum (1990: 4) menjelaskan adanya kontradiksi-kontradiksi lain antara demokrasi dan Islam, antara lain:
- Dari segi sumber: Demokrasi berasal dari manusia dan merupakan produk akal manusia. Sebaliknya, Islam berasal dari Allah SWT melalui wahyu yang diturunkan kepada Rasul-Nya Muhammad saw.
- Dari segi asas: Demokrasi asasnya adalah sekularisme (pemisahan agama dari kehidupan). Islam asasnya ‘Aqidah Islamiyah yang mewajibkan penerapan syariah Islam dalam segala bidang kehidupan (QS 2: 208).
- Dari segi standar pengambilan pendapat: Demokrasi menggunakan standar mayoritas. Dalam Islam, standar yang dipakai tergantung materi yang dibahas. Rinciannya: (1) jika materinya menyangkut status hukum syariah, standarnya adalah dalil syariah terkuat, bukan suara mayoritas; (2) jika materinya menyangkut aspek-aspek teknis dari suatu aktivitas, standarnya suara mayoritas; (3) jika materinya menyangkut aspek-aspek yang memerlukan keahlian, standarnya adalah pendapat yang paling tepat, bukan suara mayoritas.
- Dari segi ide kebebasan: Demokrasi menyerukan 4 jenis kebebasan (al-hurriyat). Kebebasan adalah tidak adanya keterikatan dengan apa pun pada saat melakukan aktivitas. Sebaliknya, Islam tidak mengakui kebebasan dalam pengertian Barat. Islam justru mewajibkan keterikatan manusia dengan syariah Islam.
Dengan demikian, demokrasi yang telah dijajakan Barat yang kafir ke
negeri-negeri Islam sesungguhnya merupakan sistem kufur. Tidak ada
hubungannya dengan Islam sama sekali, baik secara langsung maupun tidak
langsung. Demokrasi sangat bertentangan dengan hukum-hukum Islam, baik
secara garis besar maupun secara rinciannya. Oleh karena itu, kaum
Muslim diharamkan secara mutlak untuk mengambil, menerapkan dan
menyebarluaskan demokrasi. Apalagi mengaitkan demokrasi dengan Islam.
Syura bukan Demokrasi
Anggapan bahwa syura (musyawarah) sama dengan demokrasi
telah masyhur didengar meski anggapan ini sesungguhnya tidak benar.
Anggapan itu muncul karena kafir penjajah sukses menyembunyikan
kebusukan demokrasi. Demokrasi dijadikan oleh kafir Barat sebagai salah
satu penjajahan atas negeri-negeri kaum Muslim, selain itu juga
digunakan untuk memalingkan Islam dari umatnya.
Menurut syariah, syura adalah mengambil pendapat (akhdh ar-ra’yi) (An-Nabhani 1994: 246). Jelasnya, syura adalah mencari pendapat dari orang yang diajak bermusyawarah (Zallum, 2002:216). Istilah lain syura adalah masyura atau at-tasyawwur.
Hukum syura adalah mandub/sunnah, bukan wajib. Hal
ini sesuai dengan perintah Allah dalam QS Ali Imran [3]: 159. Pendapat
itu sejalan dengan para ahli tafsir seperti Ibn Jarir ath-Thabari (Jami’ Al-Bayan, IV/153), Al-Alusi (Ruh al-Ma’ani, IV/106-107), Az-Zamakhsyari (Al-Kasysyaf, I/474), Imam al-Qurtubhi (Al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an, IV/249-252) dan Ibnul ‘Arabi (Ahkam al-Qur’an, I/298). Syura
adalah hak kaum Muslim semata. Pihak pemegang kewenangan seperti
khalifah, ketika hendak meminta atau mengambil pendapat, ia hanya
mengambilnya dari kaum Muslim. Tegasnya, syura adalah proses
pengambilan pendapat yang khusus di kalangan internal sesama orang
Islam. Tidak boleh dalam syura mengambil pendapat dari orang kafir
meskipun boleh orang kafir menyampaikan pendapat kepada orang Islam dan
boleh kaum Muslim mendengarkan pendapat dari orang kafir tersebut
(An-Nabhani, 2001: 111). Kekhususan ini sebagaimana dalam QS Al-Imran
[3]: 159.
Memang dalam demokrasi suara mayoritaslah yang menjadi penentu dalam setiap bidang permasalahan. Adapun dalam syura kriteria pendapat yang diambil bergantung pada permasalahan yang dimusyawarahkan.
Rinciannya ada tiga.
Pertama: dalam penentuan hukum syariah (at-tasyri’).
Kriterianya tidak bergantung pada pendapat mayoritas atau minoritas,
melainkan pada nash al-Quran dan as-Sunnah. Sebab yang menjadi Pembuat
hukum (Musyarri’) hanyalah Allah SWT. bukan umat atau rakyat.
Sebagai contoh, tidak perlu meminta pendapat kepada umat apakah khamr
haram atau tidak walaupun di situ ada kemanfaatan dan pendapatan
sebagaimana dalam sistem kapitalis-sekular. Jelas, Islam
mengharamkannya.
Kedua: dalam masalah yang berhubungan dengan aspek-aspek
profesi dan ide yang membutuhkan keahlian, pemikiran dan pertimbangan
yang mendalam. Dalam hal ini, yang dijadikan kriteria adalah ketepatan
dan kebenarannya, bukan berdasarkan suara mayoritas atau minoritas.
Jadi, masalah yang ada harus dikembalikan pada para ahli yang
berkompeten. Merekalah yang memahami permasalahan yang ada secara tepat.
Masalah kemiliteran, misalnya, dikembalikan kepada pakar militer.
Masalah fikih dikembalikan kepada para fukaha dan mujtahid. Dalil untuk
ketentuan ini adalah peristiwa ketika Rasulullah saw. mengikuti pendapat
Hubab bin Al-Mundzir pada Perang Badar—yang saat itu merupakan pakar
dalam hal tempat-tempat strategis—yang mengusulkan kepada Nabi saw. agar
meningggalkan tempat yang dipilih beliau sekiranya tempat itu bukan
dari wahyu (Sirah Ibnu Hisyam, II/272).
Ketiga: masalah yang langsung menuju pada amal/tindakan
(bersifat praktis), yang tidak memerlukan pemikiran dan pertimbangan
mendalam. Dalam hal ini, yang menjadi patokan adalah suara mayoritas
karena mayoritas orang dapat memahaminya dan dapat memberikan
pendapatnya degan mudah menurut pertimbangan kemaslahatan yang ada.
Sebagai contoh, apakah kita akan memilih si A atau si B (sebagai kepala
negara atu ketua oraganisasi), apakah kita akan keluar kota atau tidak.
Masalah seperti ini dapat dijangkau oleh setiap orang. Mereka dapat
memberikan pendapatnya. Dalil untuk ketentuan ini ketika ada dua
pendapat dari para sahabat dalam Perang Uhud. Nabi saw. mengikuti
pendapat sahabat muda yang menyarankan untuk keluar dari Kota Madinah
dan mengabaikan pendapat sahabat senior yang meminta tetap di Kota
Madinah.
Dengan demikian, jelas bahwa syura berbeda dengan demokrasi.
Khatimah
Demokrasi bukanlah jalan bagi umat Islam. Menyamakan demokrasi dengan
Islam sama saja menyampurkan yang haq dengan batil. Hal ini
bertentangan dengan Islam (QS al-Baqarah [2]: 42). Demokrasi merupakan
sistem kufur; haram diambil, diterapkan dan dipropagandakan.
Sistem demokrasi harus diganti dengan sistem Islam dalam institusi
Khilafah. Inilah jalan sahih bagi umat Islam untuk mendapatkan
kesejahteraan dan keadilan. Karena itu, segera tinggalkan demokrasi;
tegakkan syariah dan Khilafah. Insya Allah.
WalLahu a’alam bi ash-shawwab. [Hanif Kristianto; Lajnah Siyasiyah DPD HTI Jatim]
Daftar Rujukan
Apakah Demokrasi Itu? 1991, hlm. 4-5. Terbitan United States Information Agency.
Ibid, hlm. 6.
Abdul Qadim Zallum. 2004. Pemikiran Politik Islam, hlm. 202-203. Al-Izzah.
Abdul Qadim Zallum, 1990. Demokrasi Sistem Kufur. (Min Mansyurat Hizb at-Tahrir)
Abdul Qadim Zallum, 2002. Nizham al-Hukm fi al-Islam. Cetakan VI (Min Mansyurat Hizb at-Tahrir).
Taqiyyudin An-Nabhani, 2001. Nizham al-Islam. Cetakan VI
0 komentar:
Posting Komentar